·
Dapat
menyebutkan agama-agama , hari - hari besar,
serta nama tempat
ibadahnya yang ada di Indonesia
1.
Islam
Pendiri : Muhammad SAW
Kitab suci : Al Quran
Tempat ibadah :
Masjid
Hari besar: - Idul Fitri pada (1 Syawal).
- Idul Adha (10 ,11, 12, 13 Zulhijjah).
- Tahun baru Hijriah( 1 Muharam).
- Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Rabiul Awal).
- Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW( 27 Rajab).
2.
Kristen
Katholik,Kristen Protestan
Pendiri : Yesus Kristus
Kitab Suci
: Alkitab
Tempat
Ibadah : Gereja
Hari Besar Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari
Paskah,
Kenaikan Isa Almasih
3.
Hindu
Kitab Suci
: Weda
Tempat
Ibadah : Pura
Hari Besar Keagamaan : Hari Nyepi, Hari Saraswati,
Hari Pagerwesi
4.
Budha
Pendiri :
Siddharta Gautama
Kitab Suci :
Tri Pitaka
Tempat Ibadah :
Vihara
Hari Besar Keagamaan :
Hari Waisak, Hari Asadha, Hari Kathina
5.
Kong Hu Chu
Pendiri :
Kong Hu Cu
Kitab Suci :
Si Shu Wu Ching
Tempat Ibadah :
Li Tang / Klenteng
Hari Besar Keagamaan :
Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh
(1)
Dapat melakukan
mandi wajib dan mengerti penyebabnya
Pengertian mandi wajib
Mandi
wajib adalah (cara menghilangkan/menyucikan diri dari hadast besar) dengan cara
membasuh seluruh tubuh mulai dari rambut hingga ujung kaki.
Mandi
wajib sering disebut juga -mandi besar -mandi jinabat
-mandi junub -mandi janabah
Orang
yang sedang berhadast besar tidak diperbolehkan (bahkan haram) melakukan ibadah
seperti :Shalat,tawaf,memegang atau membawa Al quran dan lain-lain.
Penyebab seseorang harus melakukan mandi
wajib:
1. Keluarnya sperma,mani berlaku bagi
perempuan maupun laki-laki baik terjaga maupun tidur.
2. Bertemunya dua alat kelamin/kemaluan
berlawan jenis.
3. Suci dari haid dan “nifas” untuk perempuan setelah
melahirkan.
4. Masuk islam nya orang kafir/mualaf.
5. Meninggal dunia.
Tata cara mandi wajib:
1.Niat dan mengucapkan bismillah dan
membaca niat mandi wajib
“Nawaitul ghuslallirof’il
hadasil akbaari fardhool lillahita’ala”
Artinya:
“Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah
taala”
2.Menghilangkan kotoran kotoran
najis yang masih menempel dibadan kalau masih ada.
3.Menyiram dan meratakan air
keseluruh tubuh dari ujung kepala hingga ke ujung kaki
Dapat melakukan sholat berjamaah,dan shaf
sholat
Jamaah 2 orang
- Makmum lelaki disebelah kanan imam.
- Makmum Perempuan disebelah kiri belakang imam.
- Ketika ada dua orang sholat berjamaah,kemudian datang 1makmum yang baru ia diperkenankan untuk mengajak temannya yang menjadi makmum untuk mundur kebelakang dan membuat shaf baru.
Jamaah 3 orang
Jamaah 3 orang
- Kalau makmum pertama laki-laki disebelah kanan imam .
- Makmum Perempuan disebelah kiri belakang imam.
- para makmum rapat,lengan saling bertemu,tumit menyesuaikan
- Membuat Shaf harus dimulai lurus dari belakang imam dan dimulai dengan 2 orang tidak boleh hanya 1 orang.
- tidak bolehmembuat shaf baru bila shaf didepannya tidak terisi penuh.
Adab Sholat berjamaah,adab menjadi
imam,
Adab menjadi makmum
ADAB SHOLAT BEJAMAAH
ADAB SEBAGAI IMAM
1). Jika seseorang sebagai tamu,
maka yang berhak menjadi imam ialah tuan rumah, jika tuan rumah layak menjadi
imam.
2). Penguasa lebih berhak menjadi
imam, atau yang mewakilinya. Maka tidaklah boleh maju menjadi imam, kecuali
atas izinnya.Begitu juga orang yang ditunjuk oleh penguasa sebagai imam, yang
disebut dengan imam rawatib.
3). Kefasihan dan kealiman dirinya.
Maksudnya, jika ada yang lebih fasih dalam membawakan bacaan Al Quran dan lebih
‘alim, sebaiknya dia mendahulukan orang tersebut. Hal ini ditegaskan oleh
hadits yang diriwayatkan Abi Mas`ud Al Badri Radhiyallahu ‘anhu , dari
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Yang (berhak) menjadi imam (suatu) kaum, ialah yang paling
pandai membaca Kitabullah. Jika mereka dalam bacaan sama, maka yang lebih
mengetahui tentang sunnah. Jika mereka dalam sunnah sama, maka yang lebih
dahulu hijrah. Jika mereka dalam hijrah sama, maka yang lebih dahulu masuk
Islam (dalam riwayat lain: umur). Dan janganlah seseorang menjadi imam terhadap
yang lain di tempat kekuasaannya (dalam riwayat lain: di rumahnya). Dan
janganlah duduk di tempat duduknya, kecuali seizinnya” [5]
4). Seseorang tidak dianjurkan
menjadi imam, apabila jama’ah tidak menyukainya. Dalam sebuah hadits
disebutkan:
“Tiga golongan yang tidak terangkat shalat
mereka lebih satu jengkal dari kepala mereka: (Yaitu) seseorang menjadi imam
suatu kaum yang membencinya”[6]
Berkata Ahmad dan Ishaq,“Jika yang
membencinya satu, dua atau tiga, maka tidak mengapa ia shalat bersama mereka,
hingga dibenci oleh kebanyakan kaum.” [8]
Ke2 : Seseorang Yang Menjadi Imam
Harus Mengetahui Hukum-Hukum Yang Berkaitan Dengan Shalat, Dari Bacaan-Bacaan
Shalat Yang Shahih, Hukum-Hukum Sujud Sahwi Dan Seterusnya.
Karena seringkali kita mendapatkan seorang imam memiliki bacaan yang salah, sehingga merubah makna ayat, sebagaimana.
Karena seringkali kita mendapatkan seorang imam memiliki bacaan yang salah, sehingga merubah makna ayat, sebagaimana.
Ke3 :Mentakhfif Shalat.
Yaitu mempersingkat shalat demi menjaga keadaan jama’ah dan untuk memudahkannya.diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu:
Yaitu mempersingkat shalat demi menjaga keadaan jama’ah dan untuk memudahkannya.diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu:
“Jika salah seorang kalian shalat
bersama manusia, maka hendaklah (dia) mentakhfif, karena pada mereka ada yang
sakit, lemah dan orang tua. (Akan tetapi), jika dia shalat sendiri, maka
berlamalah sekehandaknya” [11]
Ke4 : Kewajiban Imam Untuk
Meluruskan Dan Merapatkan Shaf.
Ketika shaf dilihatnya telah lurus dan rapat, barulah seorang imam bertakbir, sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakannya.
Ketika shaf dilihatnya telah lurus dan rapat, barulah seorang imam bertakbir, sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakannya.
Dari Nu`man bin Basyir Radhiyallahu
‘anhu berkata,”Adalah Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam meluruskan shaf kami. Seakan-akan beliau
meluruskan anak panah.Sampai beliau melihat, bahwa kami telah memenuhi
panggilan beliau.Kemudian, suatu hari beliau keluar (untuk shalat).Beliau
berdiri, dan ketika hendak bertakbir, nampak seseorang kelihatan dadanya maju
dari shaf. Beliaupun berkata:
“Hendaklah
kalian luruskan shaf kalian, atau Allah akan memecah-belah persatuan kalian”
Salah satu kesalahan yang sering
terjadi, seorang imam menghadap kiblat dan dia mengucapkan dengan suara lantang,”Rapat
dan luruskan shaf,” kemudian dia langsung bertakbir.
Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu
berkata, “Adalah salah seorang kami menempelkan bahunya ke bahu kawannya,
kakinya dengan kaki kawannya.” Dalam satu riwayat disebutkan,“Aku telah melihat
salah seorang kami menempelkan bahunya ke bahu kawannya, kakinya dengan kaki
temannya. Jika engkau lakukan pada zaman sekarang, niscaya mereka bagaikan
keledai liar (tidak suka dengan hal itu, pen).”[15]
Berkata Syaikh Masyhur bin
Hasan-hafizhahullah-,“Jika para jama’ah tidak mengerjakan apa yang dikatakan
oleh Anas dan Nu`man Radhiyallahu ‘anhu, maka celah-celah tetap ada di shaf.
Kenyataanya, jika shaf dirapatkan, tentu shaf dapat diisi oleh dua atau tiga
orang lagi. Akan tetapi, jika mereka tidak melakukannya, niscaya mereka akan
jatuh ke dalam larangan syari’at. Diantaranya;
1). Membiarkan celah untuk syetan
dan Allah Azza wa Jalla putuskan perkaranya, sebagaimana yang diriwayatkan oleh
Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,“Luruskanlah shaf kalian, dan luruskanlah pundak-pundak kalian,
dan tutuplah celah-celah. Jangan biarkan celah-celah tersebut untuk syetan.
Barangsiapa yang menyambung shaf, niscaya Allah akan menyambung (urusan)nya.
Barangsiapa yang memutuskan shaf, niscaya Allah akan memutus (urusan)nya.”[17]
2). Perpecahan hati dan banyaknya
perselisihan diantara jama’ah.
3). Hilangnya pahala yang besar,
sebagaimana diterangkan dalam hadits shahih, diantaranya sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
“Sesungguhnya Allah dan MalaikatNya mendo’akan
kepada orang yang menyambung shaf” [18 [19]
Nabi telah menerangkan, bahwa lewat
di hadapan orang yang shalat merupakan perbuatan dosa. Beliau Shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,“Jika orang yang lewat di hadapan orang shalat
mengetahui apa yang dia peroleh (dari dosa, pen), niscaya (dia) berdiri selama
empat puluh, (itu) lebih baik daripada melewati orang yang sedang shalat
tersebut.”
Ketujuh : Menasihati Jama’ah, Agar
Tidak Mendahului Imam Dalam Ruku’ Atau Sujudnya, Karena (Seorang) Imam
Dijadikan Untuk Diikuti.
Kedelapan : Dianjurkan bagi imam, ketika dia ruku’ agar memanjangkan sedikit ruku’nya, manakala merasa ada yang masuk, sehingga (yang masuk itu) dapat memperoleh satu raka’at, selagi tidak memberatkan makmum, karena kehormatan orang-orang yang makmum lebih mulia dari kehormatan orang yang masuk tersebut.
Kedelapan : Dianjurkan bagi imam, ketika dia ruku’ agar memanjangkan sedikit ruku’nya, manakala merasa ada yang masuk, sehingga (yang masuk itu) dapat memperoleh satu raka’at, selagi tidak memberatkan makmum, karena kehormatan orang-orang yang makmum lebih mulia dari kehormatan orang yang masuk tersebut.
ADAB MENJADI MAKMUM
1.
Apabila seorang makmum mendengar iqamah, janganlah ia tergesa-gesa berjalan. Hendaknya ia berjalan dengan tenah dan penuh wibawa.
Dasarnya adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menceritakan bahwa
Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Kalau kalian mendengar suara
iqamah, segeralah datang ke masjid untuk shalat, dan berjalanlah dengan tenang
dan penuh wibawa.Jangan kalian tergesa-gesa. Ikutilah jamaah shalat sebatas
yang sempat kalian ikuti, dan lanjutkanlah bagian yang belum kalian ikuti..”
2. Tidak boleh ruku’ sebelum masuk
ke shaf.Dasarnya adalah hadits Abu Bakrah
radhiyallahu ‘anhu bahwa ia pernah bermakmum kepada Nabi ketika beliau sedang
ruku’.Maka ia pun ruku’ sebelum sampai ke dalam shaf. Hal itu diceritakan
kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam, maka beliau bersabda: “Semoga Allah
menambahkan semangatmu, namun jangan ulangi lagi.”
3. Makmum tidak bangkit untuk shalat
meskipun iqamah telah dikumandangkan, sebelum imam masuk masjid. Dasarnya adalah hadits Qatadah radhiyallahu ‘anhu yang
menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam: “Apabila iqamah
telah dikumandangkan, janganlah kalian bangkit untuk shalat sebelum kalian
melihatku (keluar rumah menuju masjid).” Dalam lafazh Al-Bukhari disebutkan:
“Hendaknya kalian berjalan dengan tenang.”
4. Bila perlu, suara imam
disambungkan agar terdengar makmum bila diperlukan. Dasarnya adalah hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu
‘anhuma bahwa ia menceritakan: Rasulullah pernah mengimami kami shalat Zhuhur
sementara Abu Bakar di belakang beliau. Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wassalam bertakbir, Abu Bakar pun bertakbir agar terdengar oleh kami.” [4]
5.
Makmum mengucapkan: “Rabbana lakal hamd,” setelah imam mengucapkan:
“Sami’allahu liman hamidah”.dasarnya
adalah hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu secara marfu’:
“Dan apabila imam berkata
“Sami’allahu liman hamidah”, katakanlah: “Rabbana lakal hamd”
Juga berdasarkan ucapan Asy-Sya’bi:
“Janganlah mengucapkan “Sami’allahu liman hamidah,” akan tetapi hendaknya ia
mengucapkan: “Rabbana lakal hamd”.” [7]
6.
Kalau imam datang terlalu terlambat, para makmum bisa mengangkat salah satu
yang terbaik di antara mereka untuk menjadi imam pengganti. Dasarnya adalah hadits Sahl bin Saad dalam kisah para
shahabat yang mengajukan Abu Bakar sebagai imam penggati ketika Nabi pergi
untuk mendamaikan pertikaian di kalangan Bani Umar sehingga datang terlambat.
[8] Juga berdasarkan hadits Al-Mughirah bin Syu’bah dalam kisah para sahabat
mengajukan Abdurrahman bin Auf sebagai imam pengganti pada peperangan Tabuk.
Akhirnya Abdurrahman mengimami mereka shalat Shubuh. Maka Nabi shallallahu
‘alaihi wassalam bersabda: “Sungguh kalian telah melakukan hal tepat dan baik.”
7.
Kalau iqamah telah dikumandangkan, maka xang ada hanyalah shalat wajib.
hadits Abu Hurairah radhiyallahu
‘anhu yang menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Apabila iqamah telah
dikumandangkan, maka yang ada hanyalah shakat wajib.” [10]
8.
Tidak melaksanakan shalat sunnah di tempat shalat wajib kecuali bila telah
dipisahkan dengan berbicara atau bergeser tempat. Dasarnya adalah hadits As-Sa’ib bin Yazid, dari Muawiyah
diriwayatkan bahwa As-Sa’ib pernah berkata kepadanya: “Apabila engkau selesai
shalat Jum’at, janganlah engkau shalat sunnah sebelum berbicara atau bergeser
tempat.”
9.
Tidak bangkit dari tempat shalat sebelum imam, tetapi menunggu dahulu sampai
imam menghadap ke arah makmum.
Dasarnya adalah hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi pada suatu
hari mengimami mereka. Usai shalat, beliau menghadap ke arah makmum dan
berkata:
“Hai jamaah sekalian!Saya adalah
imam kalian, maka janganlah kalian mendahuluiku ruku’, bersujud atau bangkit,
dan juga jangan mendahuluiku bangkit dari tempat shalat [12].” [13]
Maka disunnahkan bagi makmum untuk
tidak bangkit dari tempat shalatnya sebelum imam berpaling dari arah kiblat,
agar tidak dikhawatirkan imam teringat akan hal yang dia lupa, lalu melakukan
sujud sahwi. Kecuali kalau imamnya melakukan hal yang bertentangan dengan
sunnah, seperti duduk terlalu lama dengan menghadap kiblat. Bila demikian,
boleh saja makmum bangkit dari duduk sebelum imamnya berpaling ke arah makmum.
10.
Langsung mengikuti gerakan imam ketika terlambat masuk, apapun gerakan yang
dilakukan oleh imam. Dasarnya adalah hadits Abu Hurairah
radhiyallahu ‘anhu secara marfu’: “Ikutilah jamaah shalat sebatas yang sempat
kalian ikuti, dan lanjutkanlah bagian yang belum kalian ikuti..” [17]
13.
Mengingatkan imam bila imam kesulitan mengingat ayat yang akan dibacanya.
14.
Tidak shalat di depan imam.
15.Jika yang shalat hanya berdua, maka makmum berdiri di
sebelah kanan imam, tidak perlu mundur sedikit. Berlaku
jika keduanya adalah lelaki atau keduanya adalah wanita.Adapun jika si makmum
adalah wanita, maka wanita harus berdiri di belakang imam.
Dari Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu
anhuma dia berkata:
“Aku pernah menginap di rumah
bibiku, Maimunah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pergi shalat
‘isya kemudian kembali ke rumah dan shalat sunnat empat rakaat, kemudian beliau
tidur. Saat tengah malam beliau bangun dan shalat malam, aku lalu datang untuk
ikut shalat bersama beliau dan berdiri di samping kiri beliau. Kemudian beliau
menggeserku ke sebelah kanannya, lalu beliau shalat lima rakaat, kemudian dua
rakaat, kemudian tidur hingga aku mendengar suara dengkur beliau. Setelah itu
beliau kemudian keluar untuk shalat (shubuh).” (HR. Al-Bukhari no. 656)“Bab: Makmum berdiri tepat di
samping kanan imam jika mereka hanya shalat berdua.”
16 Jika makmum masbuk dating dan
hendak menyambung gerakan maka dia harus menepuk pundak makmum pertama dan
makmum pertama hendaknya mundur 2langkah kebelakang.
17 Jika makmum masbuk mengambil
tempat di sebelah kiri imam maka imam hendak mendorong kedua makmum kebelakang
dengan kedua tangan nya tanpa balik badan dan kedua makmum merapatkan Saft
Dapat menghafal 5 macam doa harian
1. Doa Keselamatan Dunia
Akhirat
ALLOOHUMMA
INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI
WA
'AAFIYATAN FIL JASADI
WA
ZIYAADATAN FIL 'ILMI
WA
BAROKATAN FIR RIZQI
WA
TAUBATAN QOBLAL MAUTI
WA
ROHMATAN 'INDAL MAUTI
WA
MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI
2. Doa Setelah Wudhu
ASYHADU
ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU
WA
ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUUWA ROSUULUHUU,
ALLOOHUMMAJ'ALNII
MINAT TAWWAABIINA
WAJ'ALNII
MINAL MUTATHOHHIRIINA
2.
Doa Naik Kendaraan Darat
SUBHAANAL
LADZII SAKHHORO LANAA
HAADZAA
WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA
WA
INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.
4.Doa
mohon ampunan untuk diri sendiri dan Kedua Orang Tua
ALLOOHUMMAGFIR LII WA LIWAALIDAYYA
WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRO
5.Doa sebelum belajar
“RODITTUBILLAHI ROBBA,
WABIL ISLAMI DINA,
WABIM MUHAMMADIN
NABIYYA WA ROSULLA,
ROBBI ZIDNII ILMAAN,
WARZUQNII FAHMAAN."
"Apapun doa hariannya dan jumlah doa hariannya
berdasarkan pengalaman pribadi pembina
"yg diujikan hanya 5 doa harian",disaramkan
bekerja sama dengan guru agama di gugus masing masing untuk mempermudah tugas
pembina baik itu pengujian SKU,paraf penguji dan tanggal ujian"
Dapat menghafal 5 macam surat - surat pendek
1.
SURAT AL FALAQ
1) QUL ‘AUDZU BII ROBBIL
FALAQ
2) MIN SYARIMMA KHOLAQ
3) WA MIN SYARI QHOSIQIN IDZA
WAQOB
4) WAMIN SYARI NAAFATATI
FIL UQOD
5) WAMIN SYARI KHASIDDIN
IDZA KHASAD
2.
SURAT AN NAS
1) QUL ‘A’UDZU BII
ROBBINNAS
2) MALIKI NAAS
3) ILLAHI NAAS
4) MIN SYARI WAS WSAHIL
QONAAS
5) ALLADZI YUKADZIBU FI
ZUDZIRINNAAS
6) MINNAL JINNATI WA NAAS
3.
SURAT AL IKHLAS
1) QUL HUWALLAHU AHAD
2) ALLOHU SHOMAD
3) LAM YALID WALAM YULAD
4) WALAM YAKULAHU KHUFUAN
AHAD
4. SURAT AN NASR
1) ALAM
NASRAH LAKA SODROQ
2) WA MA DLAKNA ANKA
WISROQ
3) ALLADZI ANKHO DZAL
DHAHROQ
4) WA RAFA’NA LAKA
DZIKROQ
5) FA INNA MA’AL USRI
USRO
6) INNA MA’AL USRI USRO
7) FA IDZA FAROQTHA
FANZOB
8) WA ILLA ROBBIKA
FARQOB.
4.
SURAT
ADH-DHUHA
1. WADHDHUHAA
2. WALLAYLI IDZAA SAJAA
3. MAA WADDA'AKA RABBUKA WAMAA QALAA
4. WALAL-AAKHIRATU KHAYRUL LAKA MINA L-UULAA
5. WALASAWFA YU'THIIKA RABBUKA FATARDAA
6. ALAM YAJIDKA YATIIMAN FAAAWAA
7. WAWAJADAKA DAALLAN FAHADAA
8. WAWAJADAKA 'AA-ILAN FA-AGHNAA
9. FA-AMMAA LYATIIMA FALAA TAQHAR
10. WA-AMMAA SSAA-ILA FALAA TANHAR
11. WA-AMMAA BINI'MATI RABBIKA FAHADDITS
2. WALLAYLI IDZAA SAJAA
3. MAA WADDA'AKA RABBUKA WAMAA QALAA
4. WALAL-AAKHIRATU KHAYRUL LAKA MINA L-UULAA
5. WALASAWFA YU'THIIKA RABBUKA FATARDAA
6. ALAM YAJIDKA YATIIMAN FAAAWAA
7. WAWAJADAKA DAALLAN FAHADAA
8. WAWAJADAKA 'AA-ILAN FA-AGHNAA
9. FA-AMMAA LYATIIMA FALAA TAQHAR
10. WA-AMMAA SSAA-ILA FALAA TANHAR
11. WA-AMMAA BINI'MATI RABBIKA FAHADDITS
"Apapun doa hariannya dan jumlah doa hariannya
berdasarkan pengalaman pribadi pembina
"yg diujikan hanya 5 doa harian",disaramkan
bekerja sama dengan guru agama di gugus masing masing untuk mempermudah tugas
pembina baik itu pengujian SKU,paraf penguji dan tanggal ujian"
Dapat
menjelaskan tentang emosi
EMOSI
adalah “reaksi” perasaan dan pikiran yang “ditunjukkan” seseorang atau sesuatu
dengan “tindakan”.
Sebagai
contoh:
-Emosi
gembira mendorong perubahan suasana hati dan ditunjukkan secara tidak sadar
terlihat tertawa.
-Emosi
sedih mendorong perubahan suasana hati dan ditunjukkan secara tidak sadar
terlihat menangis.
-Emosi
marah mendorong perubahan suasana hati dan ditunjukkan secara tidak sadar
terlihat marah dan bersikap kasar.
Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari
penghijauan
1. Manfaat
secara hidrologipohon
yang ditanam dalam penghijauan mempunyai kemampuan untuk menyerap dan menyimpan
air dgn semakin banyaknya pohon yg ditanam akan semakin banyak pula air yg
tersimpan dan tersaring dalam akar untuk cadangan air dimusim kemarau dan
mencegah terjadinya banjir.
2. Manfaat secara klimatologipohon yang ditanam dalam penghijauan
mempunyai kemampuan untuk menyerap Udara kotor termasuk karbondioksida (CO2)
dan mengeluarkan udara bersih Oksigen (O2) melalui proses Fotosintesis.
3. Manfaat
secara Orologi akar
pohon mempunyai kemampuan mengikat tanah mencegah erosi baik oleh air dan angin
.
4. Manfaat
secara Estetis dapat
mempercantik suatu kawasan yg dilakukan proses penghijauan.
5. Manfaat
secara Protektif Memberikan
perlindungan secara langsung dan tidak langsung kepada manusia.
· Secara
langsung :Melindungi dari terik matahari,angin
kencang penahan debu dan peredam suara.
· Secara
tidak langsung:Melindungi
dari banjir,kekeringan dan erosi.
6. Manfaat
secara Edukatif dapat
dimanfaatkan sebagai media belajar dan penelitian contoh:
Tanaman
Toga (Tanaman Obat keluarGA) dan tanaman2 langka yg lain.
7. Manfaat
secara Ekonomis mempunyai
nilai ekonomis yang tinggi baik pada Bunga,buah,daun,batang ,akar dan bagian2
pohon yang lain.
8. Manfaat
secara Adaphis pohon2
yg ditanam akan menjadi tempat hidup,tinggal,berkembang biak,dan mencari makan
bagi berbagai spesies hewan.
Mengetahui dan memahami tentang hak
perlindungan anak
Macam-Macam Hak Perlindungan Anak
Hak-hak
anak menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dimuat
dalam pasal 4 hingga pasal 18. Hak-hak tersebut antara lain :
1. Hak
untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai
dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari
kekerasan dan diskriminasi.
2 2. Hak atas suatu nama sebagai identitas
diri dan status kewarganegaraan.
3. Hak
untuk beribadah menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi sesuai dengan
tingkat kecerdasan dan usianya, dalam bimbingan orang tua.
4. Hak untuk mengetahui orang tuanya,
dibesarkan, dan diasuh oleh orang tuanya sendiri.
5. Hak
memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan
fisik, mental, spiritual, dan sosial.
6. Hak
memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan
tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. khusus bagi anak
yang menyandang cacat juga berhak memperoleh pendidikan luar biasa, sedangkan
bagi anak yang memiliki keunggulan juga berhak mendapatkan pendidikan khusus.
7. Hak
menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan
informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan
dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.
8. Hak
untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang
sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan
tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.
9. Hak
memperoleh rehabilitasi, bantuan sosial, dan pemeliharaan taraf kesejahteraan
sosial (bagi setiap anak yang menyandang cacat).
10. Selama
dalam pengasuhan orang tua, wali, atau pihak lain mana pun yang bertanggung
jawab atas pengasuhan, berhak mendapat perlindungan dari perlakuan:
1.
diskriminasi;
2.
eksploitasi,
baik ekonomi maupun seksual;
3.
penelantaran;
4.
kekejaman,
kekerasan, dan penganiayaan;
5.
ketidakadilan;
dan
6.
perlakuan
salah lainnya.
11. Hak
untuk diasuh oleh orang tuanya sendiri, kecuali jika ada alasan dan/atau aturan
hukum yang sah menunjukkan bahwa pemisahan itu adalah demi kepentingan terbaik
bagi anak dan merupakan pertimbangan terakhir.
12. Hak untuk memperoleh perlindungan dari
:
1.
penyalahgunaan
dalam kegiatan politik;
2.
pelibatan
dalam sengketa bersenjata;
3.
pelibatan
dalam kerusuhan sosial;
4.
pelibatan
dalam peristiwa yang mengandung unsur kekerasan; dan
5.
pelibatan
dalam peperangan.
13. Hak
memperoleh perlindungan dari sasaran penganiayaan, penyiksaan, atau penjatuhan
hukuman yang tidak manusiawi.
14. Hak untuk memperoleh kebebasan sesuai
dengan hukum.
15. Setiap anak yang dirampas kebebasannya
berhak untuk :
1.
mendapatkan
perlakuan secara manusiawi dan penempatannya dipisahkan dari orang dewasa;
2.
memperoleh
bantuan hukum atau bantuan lainnya secara efektif dalam setiap tahapan upaya
hukum yang berlaku;
3.
membela
diri dan memperoleh keadilan di depan pengadilan anak yang objektif dan tidak
memihak dalam sidang tertutup untuk umum.
16. Setiap
anak yang menjadi korban atau pelaku kekerasan seksual atau yang berhadapan
dengan hukum berhak dirahasiakan.
17. Setiap
anak yang menjadi korban atau pelaku tindak pidana berhak mendapatkan bantuan
hukum dan bantuan lainnya.
Dapat Menyebutkan tanda- tanda pengenal
Gerakan Pramuka sesuai dengan
golongan dan tingkatannya
Macam2 tanda pengenal pramuka tingkat Penggalang.
-
Dapat Menyebutkan tanda- tanda pengenalGerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannyaMacam2 tanda pengenal pramuka tingkat Penggalang.Tanda umum:Tanda tutup kepala (Emblem Tunas kelapa berwarna merah persegi/lingkaran )Sleyer/hasduk berwarna merah putih.Tanda pelantikan (Tunas kelapa berwarna coklat persegi/lingkaranTanda kepramukaan dunia (WOSM/BUNGA LELI) berwarna UNGU persegi/lingkaranPapan namaTanda lokasi kwarcabTanda/pita gudepBadg daerah
Tanda Satuan : Regu bernama hewan atau bungaTanda jabatanTanda pemimpin regu utamaTanda pemimpin reguTanda wakil pemimpin reguTanda kecakapan umum :Ramu,Rakit,Terap.Tanda kecakapan khusus :Purwa,Madya,Utama.Dapat Mengetahui nama Ketua RT hingga Lurahatau setingkatnya di tempat tinggalnyaMENGETAHUI NAMA KETUA RTHINGGA LURAH ATAU SETINGKATNYA DI TEMPAT TINGGALNYA.· NAMA LENGKAP :……………………………………………………· NOMOR RT & RW :……………………………………………………· NAMA RT :……………………………………………………· NAMA RW :……………………………………………………· NAMA KETUA RT :……………………………………………………· NAMA KETUA RW :……………………………………………………· NAMA DUSUN :……………………………………………………· NAMA KETUA DUSUN :…………………………………………………· NAMA DESA :……………………………………………………· NAMA KEPALA DESA :…………………………………………………
Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
Kode kehormatan bagi Pramuka
Penggalang
-
Janji Penggalang yaitu Trisatyadan
-
10 tuntunan hidup/darma yaitu Dasadarma.
Trisatya Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan,
Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
2. Menolong
sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
3. Menepati
Dasadarma.
Dasa
Darma PRAMUKA
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang
sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, terampil, dan gembira.
7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
8. Disiplin, berani, dan setia.
9. Bertanggungjawab dan dapat
dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan
dan perbuatan.
Motto/kalimat pedoman pramuka
Indonesia
Tahu tentang Motto ,Salam Pramuka
SATYA
KUDARMAKAN DARMAKU BAKTIKAN
· SATYA : SATYA/Setia/Janji
kesetiaan
· KUDARMAKAN :Kuamalkan
· DARMA :Tuntunan hidup/Amalan
· KUBAKTIKAN :Kupatuhi
Arti/Kesimpulan:
“JANJI KESETIAAN YANG KUAMALKAN”
TUNTUNAN HIDUP YANG KUPATUHI”
Salam Pramuka
Salam Pramuka ada tiga macam yaitu
Salam Biasa, Salam Hormat dan Salam Janji.
- Salam Biasa
dipergunakan apabila seorang pramuka
berjumpa dengan pramuka lain, dengan cara
“Salam Pramuka”
“Assalamualaikum
warahmatullahi wabarokatuh”
“Selamat pagi ,siang,malam”
“Om Swastiastu”
Seluruh
salam mengandung arti Doa keselamatan apa pun
agamanya.
Cara memberikan “Salam Pramuka”
seperti hormat biasa
- Salam Hormat
Salam Hormat ini dipergunakan
apabila seorang pramuka bertemu dengan seorang yang wajib dihormati, seperti
melihat bendera merah putih yang sedang dikibarkan atau diturunkan saat upacara
maupun tidak Kalau kebetulan sedang mengerjakan sesuatu, lalu mendengar lagu
Indonesia raya dikumandangkan dan sang merah putih dikibarkan atau diturunkan,
maka dia harus berhenti sebentar dari kesibukannya, segera berdiri tegak di
tempat menghadap bendera dan memberi salam hormat mengikuti naik dan turunnya
Sang Merah Putih. bertemu jenazah, memberi salam ketika berjumpa dengan
Presiden, Menteri, Pejabat Pemerintah, Pembina, Guru, Orang Tua, Tokoh Agama
dan lain-lain sekiranya orang tersebut memang harus dihormati.
Cara memberikan salam sama dengan
salam biasa tetapi badan harus tegak dengan sikap sempurna.
-Salam Janji
Salam Janji dipergunakan apabila
seorang pramuka mengucapkan Janji Tri Satya.Begitu mendengarkan ucapan
"demi kehormatanku aku berjanji......" maka semua Pramuka yang hadir
wajib memberikan Salam Janji secara otomatis walaupun tanpa aba-aba.
Cara memberi salam sama dengan salam
hormat. Jika tangan kanan membawa tongkat, maka tongkat itu dipegang tangan
kiri dan dimiringkan bagian atasnya ke kiri. Kemudian dengan tangan kanan
memberikan salam janji dengan memegang hasduk merah putih ditempatkan di dada
kiri, sesudah selesai kembali memegang tongkat kembali.
Tahu arti Lambang Gerakan Pramuka

Lambang
Gerakan Pramuka mengandung arti kiasan sebagai berikut:
1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal.
Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup
bangsa (tunas penerus bangsa).
2. Buah kelapa tahan lama. Ini mengandung arti, Pramuka adalah
orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.
3. Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini mengandung
arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun.
4.Kelapa
tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita
yang tinggi.
5.Akar
kelapa kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.
6.Kelapa
pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa, bangsa
dan agama.
· Dapat
Menjelaskan sejarah dan kiasan warna
Serta cara
menggunakan bendera merah putih
Bendera adalah lambang dari suatu
Negara yang merdeka dan berdaulat
Sejarah bendera merah putih jaman
kerajaan :
+Bendera merah putih sebelum abad 19
Digunakan tentara kerajaan KEDIRI berRAJA Terakhir RAJA JAYAKATWANG berpanjikan bendera merah putih bertempur melawan
kerajaan SINGOSARI berRAJA Terakhir RAJA KERTANEGARA
(1222-1292)
+Digunakan dalam upacara hari kebesaran kerajaan MAJAPAHIT
RAJA HAYAM WURUK
Raja ke 4 MAJAPAHIT(1350-1389)
+Digunakan sebagai pusaka keratin solo peninggalan KYAI AGENG
TARUB Berupa bendera MERAH PUTIH disebut
panji gulo klopo
GULO : MERAH
KLOPO : PUTIH
Pada masa kemerdekaan
+Tanggal 28 Oktober 1928 berkibar pada konggres pemuda 2
dengan dikumandangkan lagu INDONESIA RAYA pertama kali dan diperingati sebagai
hari
SUMPAH PEMUDA Tanggal 28 Oktober
+Berkibar tanggal 17 Agustus 1945 di bumi Indonesia merdeka
saat bungkarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
Arti kiasan warna pada bendera merah putih adalah
MERAH berarti :KEBERANIAN untuk memperjuangkan Negara Indonesia
PUTIH berarti :SUCI/KESUCIAN
kesucian hati dan fikiran setiap warga
Negara
Indonesia
Penggunaan bendera merah putih :
+Dikibarkan waktu pagi hari saat matahari terbit sampai
matahari terbenam .
+Dikibarkan setiap hari pada rumah pejabat taman makam
pahlawan,Gedung instansi pemerintahan,TNI.
+Dikibarkan setengah tiang sebagai tanda berkabung
cara: bendera merah putih dinaikkan kepuncak dan diturunkan
lagi setengah tiang sama untuk penurunannya.
+Untuk penutup peti mati jenazah
cara ujung tali diletakkan diatas kepala jenazah warna merah
berada disebelah kiri peti jenazah.
+Dikibarkan sejajar dengan bendera kebangsaan yang lain.
+Bendera panji atau bendera organisasi dan partai tidak
boleh dikibarkan sejajar atau diatas bendera merahputih bendera merah putih berada diatas Bendera
panji atau bendera organisasi dan partai dibawah bendera merah putih.
Pemeliharaanbendera merah putih :
· Bendera merah putih tidak boleh
menyentuh tanah
·
Bendera
merah putih tidak boleh dipakai untuk sapu tangan,penutup pembungkus,atau
perhiasan selain Lambang bendera merah
putih seperti untuk perhiasan bedg atau brivet upacara.
·
Bendera
merah putih tidak boleh ditempeli
gambar,ditulisi tulisan /benda apapun ,digambari atau ditulisi.
Ukuran
bendera merah putih :
·
Selalu
dengan perbandingan 2:3 tidak boleh lebih 2mx3m.
·
Besar
kecil bendera merah putih disesuaikan dengan keadaan gedung ,halaman,lapangan
dimana bendera dikibarkan dan dengan perbandinangan 2mx3m.
Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu indonesia raya
Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman dan dikumandangkan pertama kali di
muka umum pada Kongres Pemuda II
28 Oktober1928 di Jakarta
(pada usia 25 tahun)dengan biola.
Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku Bangsa dan
Tanah Airku
Marilah kita berseru Indonesia
bersatu
Hiduplah tanahku Hiduplah negriku
Hiduplah tanahku Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya
Menjelaskan tentang lambang Negara RI

Garuda
memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar yang
melambangkan kekuatan dan tenaga pembangunan.
Jumlah
bulu Garuda Pancasila melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada
tanggal 17 Agustus 1945, antara lain:
17 helai bulu pada masing-masing sayap
8 helai bulu pada ekor
19 helai bulu di bawah perisai atau pada pangkal ekor
45 helai bulu di leher
Bintang melambangkan
Sila Ketuhanan Yang Maha Esa (Sila Pertama).
Rantai melambangkan Sila Kemanusian Yang
Adil dan Beradab (Sila Kedua).
Pohon
Beringin melambangkan Sila Persatuan
Indonesia (Sila Ketiga).
Kepala Banteng melambangkan
Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh
Hikmat, Kebijaksanaan. (Sila Keempat).
Padi dan Kapas melambangkan
Sila Kedilan Sosial Bagi Seluruh
RakyatIndonesia (Sila
Kelima)
Menyebutkan dan menjelaskan
manfaat
sedikitnya 2
jenis alat teknologi informasi modern
ALAT TEKNOLOGI INFORMASI MODERN
·
Komputer, yaitu alat yang berguna
untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan
sebelumnya.
·
Radio, yaitu alat penerima informasi
yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa
informasi suara.
·
Televisi, yaitu alat penerima
informasi yang berupa gambar dan suara.
·
Internet, yaitu hubungan antar
komputer atau alat yang memiliki teknologi internet dalam suatu jaringan global
yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
·
GPS (Global Positioning System),
yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang
berada di permukaan bumi.
·
Satelit komunikasi, yaitu benda
buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.
·
Handphone atau telepon seluler,
yaitu alat komunikasi yang mudah dibawa untuk mengirim data suara dan SMS
menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
·
Kamera yaitu alat untuk membentuk
dan merekam suatu gambar nyata dan disimpan pada memori.
MENGENAL
DAN MEMILAH SAMPAH
Sampah
merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses
penggunaan. Sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.
Jenis-jenis sampah
Berdasarkan sumbernya
Sampah
alam Sampah
manusia Sampah
konsumsi
Sampah
nuklir Sampah
industry Sampah
pertambangan
Berdasarkan sifatnya
Sampah organik -
dapat diurai (degradable)
Sampah anorganik -
tidak terurai (undegradable)
1.
Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran,
daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi
kompos;
2.
Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah
pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng,
kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah
yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik
yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas
bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton;
Berdasarkan bentuknya
Sampah Padat
Sampah padat adalah
segala bahan buangan selain kotoran manusia,
Sampah cair adalah
bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali dan dibuang ke
tempat pembuangan sampah.
Sampah alam Sampah yang diproduksi di kehidupan liar dan dapat terurai
seperti halnya daun-daun kering,batang kayu di hutan yang terurai menjadi
tanah.
Sampah manusia adalah
istilah yang biasa digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti
feses dan urin.Sampah Konsumsi
Sampah konsumsi merupakan
sampah yang dihasilkan oleh (manusia) dari bahan makanan nya yang membusuk,
Sampah nuklir merupakan
hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium
yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidupdan juga manusia.
konsep
tentang pengelolaan sampah yang digunakan adalah:
" 3 M " mengurangi sampah, menggunakan kembali
sampah dan daur ulang sampah menjadi barang yang berguna.
Metode penjernihan air terserbut
antara lain:
Bahan : arang tempurung kelapa
,kerikil besar ,kerikil kecil,pasir hitam,ijuk/spons,botol air 1.5L.
SIMPUL dan ikatan
.
Mohon ijin kak
BalasHapusBagi kakak-kakak yang mencari aneka buku materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega
silahkan mampir ke blog https://bukumateripramuka.blogspot.co.id/
Semoga bermanfaat